Masjid Istiqomah merupakan masjid tertua di daerah Tangkerang Tengah Pekanbaru. Masjid ini berlokasi di Jalan Garuda, dekat RS. Bersalin Anisa. Menurut informasi yang didapat dari salah satu orang tua yang sudah lama tinggal di Tangkerang tengah ini, masjid Istiqomah dibangun pada tahun 1974. Dimana saat itu dipimpin oleh (alm.) H. Ali Sori yang merupakan ketua di masjid Istiqomah saat itu. Dahulu daerah ini bernama kampung Sidomulyo Dua, sebelum berganti nama menjadi daerah Tangkerang Tengah.


Kini masjid Istiqomah telah mengalami banyak perombakkan, khususnya untuk lantai atas yang hingga kini masih tertunda pengerjaannya. Tidak ada struktur lama masjid yang di pertahankan. Masjid ini diperkirankan dapat menampung 420-550 orang untuk di lantai dasar.





Ada yang unik dari masjid Istiqomah ini. Masjid ini mempunyai tiang terbanyak dibagian tengah dalam masjid. Jumlah tiangnya mencapai 12 tiang. Ini menjadi keunikan tersendiri yang dimiliki masjid Istiqomah. Karna manjadikan masjid Istiqomah sebagai masjid dengan jumlah tiang terbanyak di daerah Tangkerang Tengah Pekanbaru.

Selain itu, di masjid ini juga terdapat kegiatan keagamaan. Seperti belajar membaca Al-qur'an yang dimulai pada hari senin hingga jum'at dan berlangsung pada malam hari setelah sholat magrib. Pada hari minggu pagi, juga diadakan kegiatan didikan subuh yang mengajarkan praktek sholat, adzan dan melatih diri menjadi pembawa acara.



Masjid Istiqomah, kini mempunyai 2 orang petugas masjid (garin). Didalam masjid ini, juga terdapat kipas angin yang dapat memberi suasana sejuk. Untuk waktu yang akan datang, masjid ini juga akan dilengkapi Full AC untuk lantai dasar. Ini terlihat dari tempat colokkan AC yang sudah terpasang di beberapa tempat didalam masjid. Saat kita menaiki lantai atas masjid, kita dapat melihat susunan rumah-rumah penduduk disekitar. Masjid ini juga memiliki tempat pendidikan yang berada disamping masjid, yaitu TK dan MDA. Pada halaman kecil yang berada dekat pintu utama masjid, biasa dimanfaatkan warga sekitar untuk berolahraga.

4 komentar:

  1. :) sip blognya dah bagus nih agri. Tinggal diperbanyak aja kontennya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bg atas pujiannya.. :D
      hehe
      Iya bg, insyallah kontennya akan di perbanyak hehe :)

      Hapus

Blogger Tips And Tricks|Latest Tips For Bloggers Free Backlinks