Pendapatku Mengenai Blog

Sudah hampir sekitar tiga tahun aku mengguluti dunia blog. Walau awalnya belajar dari les komputer dengan menggabungkan kode dasar HTML sehingga menjadi sebuah tampilan yang menarik. Semenjak berhenti les, saya berusaha mengembangkan hobby saya di dunia blog. Dengan cara terus belajar dan memcari tahu hal-hal mengenai blogger. Ternyata di internet banyak blog dari luar dan dalam negeri yang memberikan tips-tips sederhana dalam bermain kode HTML dan CSS.


Saya hanya fokus dengan blogger, saya juga sudah mencoba membuat blog dari situs-situs lain seperti; blog.com dan wordpress.com. Namun semuanya terhenti, karena saya tidak mengerti dengan kedua situs tersebut.

Adakah alasan yang lain sehingga anda menggunakan blogger?
Tentu ada, di internet ilmu untuk mempelajari pengeditan dan hal-hal lain mengenai blogger lebih mudah ditemukan sehingga saya dengan mudahnya mengubah penampilan blog saya sesuai keinginan. Ini berbeda dengan situs-situs lain yang menawarkan pembuatan blog gratis.

Lalu dimana letak keseruan / keasyikkan dunia blog itu?
Saya pernah mendengar pertanyaan semacam ini dari orang-orang yang belum mengenal betul dunia blog. Jika ada yang bertanya seperti ini, maka saya akan menjawab semuanya seru. Tapi yang lebih seru itu ketika ada orang yang benar-benar membaca tulisan di artikel blog kita. Ini membuat kita terutama saya sendiri merasa sangat dihargai. Apalagi jika dia berkunjung tidak hanya membaca, tapi juga memberikan komentarnya mengenai tulisan yang kita buat.

Bisakah kita menghasilkan uang dengan ngeblog?
Ini merupakan salah satu pemicu semangat saya dalam bermain blog / sebagai publisher. Untuk yang satu ini kita membutuhkan tenaga yang extra besar. Bisa dibilang antara "bisa" atau "tidak bisa". Tergantung dari usaha yang dilakukan. Kita bisa memulainya dengan memperkenalkan blog tersebut, dan selalu aktif berbagi artikel ke teman atau ke forum-forum terkenal. Contohnya saja aktif mengirim artikel-artikel terbaru kita ke Log Viva atau melintaskannya ke lintas.me. Jika orang-orang sudah pada mengenal blog anda, maka dengan sendirinya iklan dan uang akan datang kehadapan anda.

Itu tadi 3 hal pokok pendapat saya mengenai blog. Jadi dengan blog kita bisa mendapatkan hal baru dan ilmu baru. Jika sering berkunjung ke blog tetangga dan selalu memberikan komentar bisa saja kita mendapatkan teman baru.

4 komentar:

  1. menarik mas, terutama poin terakhir tentang menghasilkan uang dari blog. sepertinya susah2 gampang. gampangnya banyak yang cerita sukses mendapat uang dari blog bahkan banyak buku2 di toko buku yang mengupas tentang ini dan sepertinya mudah. susahnya adalah belum ada yang benar2 bisa membuktikannya dengan mudah.

    hanya pengen tahu, apakah sampeyan sudah termasuk dalam taraf yang menghasilkan uang dari blog? :-) kalau iya, mungkin bisa dibagi ilmunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya belum pernah merasakannya. Karna untuk yang satu ini saya banyak mendapatkan kendala. :)

      Hapus
  2. horee,, caranya buat ajarin dong,,

    BalasHapus

Blogger Tips And Tricks|Latest Tips For Bloggers Free Backlinks